ROUTER

Assalamualaikum

A. Judul/ Nama Kegiatan

    ROUTER

B. Pendahuluan

    1. Pengertian

      Router adalah peralatan yang digunakan untuk menghubungkan antar dua buah jaringan yang berbeda.

    2. Latar Belakang dan batasan Masalah

     Disini karena saya belum paham tentang router, maka dari itu saya akan membahas tentang router.

    3. Maksud dan Tujuan
  
      Untuk mengerti dan memahami secara jelas tentang router.

    4. Hasil yang Diharapkan

      Dapat memahami dan mengerti tentang router secara jelas dan rinci.

C. Alat dan Bahan

   PC ( Alat ) dan Browser ( Bahan )

D. Jangka waktu / Pelaksanaan Kegiatan

   Hari Rabu, 16 Agustus 2017

E. Proses dan Tahap Pekerjaan


Hasil gambar untuk router
DEFINISI :
       Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antar dua jaringan yang berbeda. Fungsinya untuk meneruskan paket dari satu segmen jaringan ke jaringan yang lain. Sekarang ini router lebih identic dengan alat yang menghubungkan antara jaringan local di kantor ataupun di rumah dengan jaringan internet. Fungsinya masih tetap sama yaitu menghubungkan antara dua jaringan. Router akan memforward semua permintaan dari jaringan local rumah atau kantor anda ke jaringan internet.
CARA KERJA ROUTER :
     Pada router port, untuk mengkoneksikan jaringan internet biasa diberi tanda dengan label WAN atau label Internet, dan dengan warna yang berbeda. Anda dapat menghubungkan kabel Ethernet yang berasal dari modem internet atau berasal dari router lainnya ke port ini. Biasanya jumlah port ini hanya satu buah. Sementara Port untuk jaringan local biasa diberi tanda dengan bacaan LAN dan jumlahnya biasa lebih banyak mulai dari empat hingga delapan port, dll. Tentunya port LAN juga ditandai dengan warna yang berbeda dengan port WAN tadi. Anda dapat menghubungkan seluruh peralatan jaringan local anda ke port2 LAN ini. Seperti computer, laptop, printer, hub, dll. Ruoter juga berfungsi sebagai Hub. Artinya seluruh peralatan yang terhubung dalam port LAN akan dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya secara offline.

    Nah, apabila ada permintaan dari port LAN akan suatu paket data, maka router akan meneruskan perintah tersebut ke port WAN / Internet untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya port WAN / port Internet akan menerima hasilnya dari jaringan Internet untuk diteruskan ke jaringan LAN. Demikianlah cara kerja sederhana dari sebuah router.
 MACAM - MACAM ROUTER :

Router juga terbagi atas beberapa jenis tergantung dari mana koneksi internet yang didapatkan sebuah router dari ISP.
A. Untuk terknologi PPoE, kita menggunakan ADSL modem. Dimana kita mendapatkan koneksi internet dari jack RJ11 (line telepon).

B. Ada router yang menggunakan port USB untuk mendapatkan koneksi internet. Artinya router mendapatkan koneksi internet dari GSM atau CDMA modem.

C. Ada router yang menggunakan RJ45 sebagai port internet. Untuk router jenis ini maka koneksi internet didapatkan dari Hub atau dari router lainnya yang telah terhubung ke Internet.

D. Router yang mendapatkan koneksi dari radio WIFI. Router jenis ini harus dilengkapi juga dengan radio WIFI yang nantinya akan berfungsi sebagai client.

Selain jenis-jenis router di atas ada juga jenis router yang hibrida, berupa penggabungan antara dua atau tiga fungsi sekaligus. Artinya router tersebut bisa mendapatkan koneksi internet dari port usb (modem GSM / CDMA) atau mendapatkan koneksi dari port WAN / port Internet, sekaligus bisa mendapatkannya melalui radio WIFI sebagai AP client.

F. Hasil yang Didapatkan

   Sekarang jadi lebih mengerti dan paham tentang routte.

G. Temuan Masalah

    Pada saat membaca itu tadi saya belum menemukan permasalahan, saya akan membacanya lebih lanjut.

H. Kesimpulan

   Jadi router itu digunakan untuk menghubungkan antar dua buah jaringan yang berbeda. yang funngsi dari touter itu sendiri adalah meneruskan suatu paket dari satu segmen jaringan ke jarinngan yang lain.

I. Referensi dan Daftar Pustaka

  https://riecosta.wordpress.com/2012/10/24/definisi-router/
http://woocara.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-router-fungsi-router-dan-cara-kerja-router.html 




     







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.